Turunkan Berat Badan dengan "Spinning"

Spinning Bike

Spinning adalah olahraga aerobik intens dalam ruangan menggunakan sepeda stasioner diiringi musik ingar bingar dan kata-kata penuh motivasi dari instruktur. Selama kelas berlangsung, kayuhan sepeda itu beragam. Kadang mengayuh secepat yang Anda bisa. Di kala lain, Anda harus mengayuh menanjak dengan posisi tubuh berdiri. Ini membantu Anda fokus ke dalam dan membuat tubuh dan pikiran berolahraga. Olahraga yang ditawarkan di banyak gym ini merupakan simulasi bersepeda di luar ruangan, lengkap dengan sprint dan acara mendaki bukit. Bersepeda dengan cara ini Anda tidak perlu khawatir kepanasan, kena polusi, ataupun bertabrakan dengan biker lain.

Kelebihan - Membakar banyak kalori sehingga paling cocok dilakukan oleh orang yang ingin menurunkan berat badan. - Melatih jantung dan mengencangkan pantat serta otot paha. - Tidak membutuhkan banyak koordinasi, sehingga kita mudah berkonsentrasi dan mudah dilakukan dibandingkan dengan kelas aerobik yang lain - Anda dapat menyelesaikan kelas bersama teman-teman yang lain sesuai tingkat kebugaran. Anda dapat mengayuh pedal dan tombol resistensi di sepeda sesuai dengan tingkat kebugaran. - Merupakan cara alternatif bersepeda sehat, tanpa polusi dan terik sinar matahari. - Lebih menarik daripada berlatih sepeda stasioner sendirian.

Kelemahan - Tidak melatih semua otot kaki secara sama. Tanpa latihan lain, Anda mungkin membangun ketidakseimbangan otot yang dapat menyebabkan cedera. - Orang yang gila olahraga spinning mesti mewaspadai penggunaan berlebihan otot lutut, pinggul, dan punggung bagian bawah. - Sering terjadi peserta olahraga tidak menyesuaikan latihan dengan kemampuan dan tingkat kebugaran. Mereka terbawa suasana dan mengayuh di luar kemampuan, supaya dapat seirama dengan kelas. - Mungkin latihan ini kurang menantang buat penggila olahraga bersepeda yang senang dengan tantangan tanjakan di bukit.

Tip Bersepeda dalam Ruangan

Mengendarai sepeda dengan dudukan tak benar dapat menyebabkan cedera. Atur ketinggian sadel, sehingga lutut sedikit bengkok ketika pedal dikayuh di bawah. Atur pegangan tangan, sehingga satu level dengan sadel. Ketika Anda membungkuk ke depan dan meletakkan tangan di pegangan, harusnya ada sedikit bengkokan pada siku. - Gunakan sepatu dengan sol yang kaku. Sepatu lari dan sepatu aerobik yang bersol lembut akan menjadikan kaki jadi mati rasa di akhir latihan. - Sepeda untuk spinning biasanya dilengkapi dengan tempat menaruh botol minuman. Jangan lupa membawa sebotol air saat memasuki ruang latihan, untuk mengganti keringat yang bercucuran deras saat latihan. @diy
 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Turunkan Berat Badan dengan "Spinning"".

 

Sumber
https://lifestyle.kompas.com/read/2011/01/27/10343384/turunkan.berat.badan.dengan.quotspinningquot